Apa Itu Keyword Diversity? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Keyword Diversity atau Anchor Text Diversity? Sebenarnya, dalam SEO hal ini tidak penting-penting amat mengingat sekarang sudah masuk eranya algoritma Google Brain. Kendati demikian, keyword diversity juga mungkin masih diperlukan untuk memaksimalkan optimasi SEO sebuah website.

Apa Itu Keyword Diversity

Intinya, keyword diversity ini merupakan variasi kata kunci yang dikemas secara berbeda. Biasanya mengandung setidaknya 1 kata dari keyword yang sedang dioptimasi atau sinonim dari keyword tersebut.

Mengapa Pakai Teknik Ini?


Teknik ini mungkin cocok digunakan untuk yang suka bermain backlink ‘grey hate’ seperti PBN. Tujuannya tentu supaya backlink terlihat lebih natural dibanding hanya terpaku pada 1 keyword saja.

Kalau Exact Match Keyword terlalu banyak digunakan, maka Google bisa menganggap sebagai kegiatan spamming. Google tidak akan suka kalau sudah begini.

Bagaimana Cara Menggunakannya?


Gampang saja. Kalau kita ingin optimasi kata kunci Jasa Catering Jakarta, maka siapkan saja beberapa anchor text yang mirip seperti berikut:
  • Catering Jakarta
  • Tinggal di Jakarta
  • Kota Jakarta
  • Jasa Catering
  • Catering murah
  • Catering enak
Tapi kenapa kurang nyambung dengan keyword yang dioptimasi? Sebenarnya masih nyambung kok. Kalau ingin membuat backlinking, sebaiknya campurkan antara Exact Match Keyword dengan Keyword Diversity supaya hasilnya lebih maksimal.

Pro Kontra


Keyword Diversity juga memiliki Pro dan Kontra dalam penggunaannya. Ada praktisi SEO yang menyarankan penggunaan hal ini, ada juga yang tidak peduli.

Yang Pro biasanya beranggapan bahwa anchor keyword yang digunakan harus terlihat senatural mungkin. Sedangkan yang Kontra biasanya melihat situs-situs besar yang ranking tinggi, namun penggunaannya hanya menggunakan Exact Match Keyword untuk backlinking dan mengesampingkan Keyword Diversity ini.

Tapi jelas, kalau dilihat dari sudut pandang lain, situs-situs besar tentu sudah memiliki authority dan dari segi nilai jauh lebih berkualitas ketimbang blog yang kita buat baru-baru ini. Makanya, teknik yang digunakan biasanya akan tetap powerfull meski sedikit berbeda dari anggapan para praktisi SEO.

Silakan dicoba saja, siapa tahu hasilnya benar-benar bedampak. Good luck!

0 Response to "Apa Itu Keyword Diversity? Ini Penjelasan Lengkapnya!"

Posting Komentar

Yakin gak mau komen?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel