10 Penyebab Video Youtube Tidak Menghasilkan Uang

Menghasilkan uang di Youtube bukanlah hal yang mustahil. Sudah banyak orang yang bisa mendapat penghasilan melimpah dari Youtube, sebut saja Bayu Skak, Reza Arap dan Chandra Liow.

Mereka bisa mendulang kesuksesan berkat konsistensi mereka upload konten video. Sayangnya, tidak semua dari kita bisa menghasilkan uang di Youtube seperti mereka.

Penyebab Video Youtube Tidak Menghasilkan Uang

Lantas, apa sih yang menjadi penyebab video youtube tidak menghasilkan uang?

Ada banyak sekali faktor sebenarnya, beberapa hal ini mungkin yang menjadi penyebabnya.

1. Video Tidak Berkualitas


Video yang tidak berkualitas mungkin karena dibuat asal-asalan tanpa topik bahasan yang jelas. Dalam sebuah channel, video-videonya tidak ada yang berfaedah dan kualitas gambarnya sangat buruk.

Kalau sudah begini, siapa yang mau lihat videonya? Tentu jarang sekali bukan?

Sebaliknya, jika videonya berkualitas maka banyak orang yang berlangganan (subscribe) pada channel milik kita. Di sini, Youtube mungkin akan menganalisa lebih dalam seberapa berkualitas videonya.

Makin bagus kualitasnya, makin tinggi pula posisi video di hasil pencarian. Jadi kalau ada orang yang mencari video dengan kata kunci tertentu, video kita bisa berada di posisi atas dan berpeluang dilihat banyak orang.

Sedangkan bila videonya tidak berkualitas, maka Youtube akan menaruh video kita di posisi bawah pencarian. Selain itu, harga klik yang dihasilkan juga menjadi sangat rendah. Wajar jika penghasilan kita dari AdSense Youtube sangat rendah bahkan tidak menghasilkan uang.

2. Video anda mengandung konten yang di larang oleh pihak Google adsense


Video Youtube yang tidak menghasilkan uang bisa dikarenakan ada pelanggaran di dalam video. Kalau videonya mengulas pornografi, SARA, perjudian, kekerasan atau narkoba, pantas saja tidak menghasilkan uang. Bahkan mungkin saja video kita akan dihapus keberadaannya dari Youtube. Kalau mendaftar program AdSense, bisa saja akunnya kena banned tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

3. Video Re-upload dan Tidak Orisinil


Video re-upload atau jiplakan mungkin akan melanggar hak cipta jika tidak meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik aslinya. Entah itu tayangan berita, pertandingan, acara TV, sinetron maupun film pendek, semuanya harus bebas hak cipta. Termasuk juga di dalamnya audio dan visual yang ingin diupload ulang.

Memang ada pro kontra dalam hal ini, tapi kalau tidak minta izin ya sama saja. Kontennya sama dengan channel orang lain. Jika videonya diketahui Youtube, bisa saja channel atau akun AdSense terkena dampaknya.

4. Anda menggunakan audio yang melanggar hak cipta


Seperti yang sudah kami bilang, video Youtube yang melanggar hak cipta umumnya tidak menghasilkan uang. Ada beberapa musik dan audio yang memang memiliki hak cipta yang dilindungi oleh undang-undang. Kalau ada visual dari pihak ketiga untuk video kita, sebaiknya gunakan copyright tertulis dari pemilik hak asli sebagai ucapan terimakasih dan menghargai mereka. Jauh lebih baik jika menghubunginya secara langsung untuk meminta izin.

Sayangnya, sebagian audio juga mungkin akan tetap terindikasi sebagai pelanggaran meski kita sudah cover audio dengan menyanyikan ulang dengan suara sendiri. Lalu solusinya bagaimana?

Silakan coba cari di situs free audio license atau menggunakan pustaka audio yang ada di Youtube. Lebih keren lagi, kamu mungkin bisa menggunakan audio buatan sendiri.

5. Reputasi anda di Youtube buruk


Membangun channel yang berkualitas dengan subscriber yang banyak memang memerlukan kerja keras dan ketekunan. Di saat awal-awal, kita akan mendapati channel kita sangat minim penayangan dan subscriber. Ini memang wajar.

Namun kalau sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun reputasi channel kita masih stuck di situ-situ saja, maka ada yang salah saat membangunnya.

Mungkin kualitas videonya buruk, jarang upload konten, video plagiat dan lain sebagainya. Intinya, channelnya seperti tidak bermanfaat di mata pengunjung.

Kalau sudah begini, wajar jika videonya tidak menghasilkan uang di Youtube.

Lalu, Bagaimana Cara Kita Bisa Dapat Uang dari Video Youtube?


Kalau kita tidak bisa membuat channel interaktif seperti youtuber yang sudah sukses, maka kita bisa mencoba cara alternatifnya. Buatlah channel yang membahas tutorial yang sekiranya bisa direkam dengan software perekam layar atau kamera smartphone.

Bisa juga dengan mereview barang tertentu entah itu produk kecantikan maupun gadget terbaru yang sedang viral. Tentunya kamu harus membuat video sendiri supaya lebih orisinal. Asal konsisten upload video, kamu tentu bisa menciptakan channel Youtube yang sukses.

Silakan, baca juga : Jenis Video Youtube yang Banyak Menghasilkan Uang dan Paling Sering dilihat

Demikianlah beberapa penyebab video Youtube tidak menghasilkan uang. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "10 Penyebab Video Youtube Tidak Menghasilkan Uang"

Posting Komentar

Yakin gak mau komen?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel