20 Jenis Video yang Banyak Menghasilkan Uang di Youtube dan Paling Sering dicari

Banyak orang bertanya-tanya, jenis video apa yang paling sering dilihat di Youtube sehingga menghasilkan banyak uang?

Seperti yang kita tahu, jutaan video diunggah ke Youtube setiap harinya dan dikunjungi banyak sekali pengguna. Saking derasnya traffic yang dihasilkan Youtube, ada beberapa situs yang mengklaim bahwa sosial media ini menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google.

Jenis Video yang Banyak Menghasilkan Uang di Youtube


Dengan adanya Youtube, kita bisa mengirim berbagai video dengan lebih mudah. Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup menunjang para Youtuber sehingga wajar jika Youtube saat ini menjadi tempat berbagi file video terbesar di dunia.

Situs berbagi video ini sebenarnya didirikan oleh Steve Chen bersama dua temannya yaitu Chad Hurley dan Jawed Karim. Setelah sukses menarik banyak masyarakat, akhirnya situs kesayangan mereka di jual kepada Google seharga US$ 1,65 Milliar pada November 2006. Semenjak pembelian tersebut, Google Inc. mengambil alih hak akses Youtube dan mengembangkannya hingga menjadi seperti sekarang ini.

Sebagai situs berbagi video, Youtube jelas diminati berbagai kalangan. Orang yang menonton di Youtube biasanya didominasi oleh mereka yang membutuhkan hiburan atau informasi menarik yang sekiranya penting.

Ada banyak sekali kategori channel mulai dari education, gaming, blog and personal, bussiness, music, sport, news dan lain sebagainya. Tak jarang, hasil rekaman yang ada di stasiun TV juga ikut meramaikan dunia per-Youtube-an.

Dari sekian banyaknya video yang ada di Youtube, kita tentu sering menjumpai video dengan penayangan/views yang sangat banyak. Ada yang puluhan ribu,.ratusan ribu bahkan jutaan penayangan.

Yang jelas : Semakin banyak penayangannya, semakin banyak pula uang yang bisa didapatkan.

Namun, kenapa sih penayangannya bisa sebanyak itu? Tentu ada banyak faktor yang menyebabkan semua ini terjadi. Mungkin ini beberapa alasan kenapa video Youtube bisa dilihat banyak orang:
  • Konten video mudah viral : Biasanya video yang viral akan langsung masuk ke trending Youtube. Kalau sudah begitu, maka penayangannya akan semakin bertambah karena secara tidak langsung sudah direkomendasikan oleh Youtube.
  • Konten video informatif : Kalau video yang diupload menggunakan judul dengan kata kunci tertentu dan isi kontennya memberikan informasi yang bermanfaat, maka banyak orang yang akan menontonnya. Mereka ingin tahu jawaban atas permasalahan mereka.
  • Subscriber banyak : Channel yang memiliki banyak subscriber tentu akan berpeluang untuk dilihat lebih banyak orang. Setiap ada video baru, maka yang subscribe akan menerima notifikasi dari Youtube. Hal inilah yang membuat video baru bisa dengan mudah dilihat banyak orang.
  • Berita TV : Video yang berasal dari TV juga sering dilihat pengguna Youtube. Kalau ada yang viral di TV, di Youtube pun bisa jadi ikut viral. Bahkan banyak juga stasiun TV yang mengupload tontonan di TV ke channel Youtube mereka. Dengan begitu, penghasilan yang mereka dapatkan bisa berlipat ganda.
Sampai di sini, kamu sudah tahu beberapa penyebab kenapa video Youtube banyak dilihat orang.

Selanjutnya, timbul pertanyaan lain...

Misalnya jenis video apa saja sih yang ramai dilihat penonton? Video apa yang paling sering dicari?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, beberapa jenis video ini mungkin menjadi favorit penonton dan berpeluang untuk mendapat penghasilan melalui Google AdSense.

1. Video Music


Jenis video di Youtube ini merupakan yang paling laris diserbu penonton. Bahkan sepertinya, video music merupakan jenis konten yang bisa diputar terus menerus tanpa merasa bosan.

Selalu ada yang baru, bahkan tak sedikit artis yang mendapatkan royalti dan mengklaim hak cipta mereka. Sehingga secara tidak langsung, mereka bisa memperoleh passive income yang lumayan.

Selain itu, ada juga channel video music yang cover lagu orang lain agar ada variasinya.

Contoh channel video music yaitu VEVO, Eka Gustiwana.

2. Video Movie atau Film


Video yang membahas seputar film juga cukup diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Entah itu review, trailer, cuplikan, behind the scene atau full video, semuanya laris ditonton.

Misalnya saja trailer film Avengers Infinity War yang filmnya sudah rilis beberapa waktu lalu. Sejak artikel ini ditulis, video itu sudah berhasil dilihat sebanyak 3 juta kali.

Untuk contoh channel video movie/film yaitu NetFlix, Warner Bross Pictures, FilmSelect Trailer, Paramount Pictures UK, Sony Pictures Entertainment.

3. Video Lucu atau Funny Video


Ini nih, jenis video yang sangat sering dicari penonton. Di tengah-tengah kesibukan bekerja, banyak orang yang ingin mencari hiburan di Youtube dengan melihat video-video lucu.

Banyak dari kita yang tubuhnya terasa segar kembali setelah melihat video lucu. Seperti timbul kebahagiaan tersendiri. Mulut tersenyum, wajah berseri, kadang perut terpingkal-pingkal bahkan mata sampai menangis. Sungguh, kenikmatan yang paripurna!

Jenis video lucu tentu memiliki jumlah rating penonton yang tinggi, wajar saja jika channel yang mengusung topik hiburan memiliki subscriber dan jumlah penayangan yang banyak.

Contoh channel yang sukses dengan video lucunya yaitu Edho Zell, Bayu SKAK, Duo Harbatah, Tim2One, Stand Up Kompas TV, Cameo Project dan LastDay Production.

4. Video Prank dan Social Experiment


Video Prank merupakan video yang diperagakan oleh Youtuber iseng dengan menjahili orang lain entah itu dengan kejutan, lelucon, trap dan tindakan anti-mainstream lainnya agar penonton terbawa emosinya dan akhirnya tertawa terbahak-bahak.

Kalau kita sedang bosan dan butuh hiburan segar, maka menonton video prank bisa menjadi obatnya. Video jenis ini benar-benar bisa menyegarkan tubuh dan meminimalisir rasa ngantuk. Bahkan kalau Youtubernya greget dan tidak punya urat malu, bisa saja terpingkal-pingkal.

Contoh channel Youtube yang menyajikan konten prank yaitu Brandont Kent (ini gokil abisss), Yudhist Ardhana, Ibaf Fabi, PublicPrank.

Tips :
  • Kalau kamu ingin membuat video prank, sebaiknya hindari sesuatu yang berlebihan atau membahayakan orang lain.
  • Jangan membuat kejutan berlebihan karena bisa saja ada orang yang punya penyakit jantung. Kalau mereka kena sakit jantung, emang mau tanggung jawab? Meski kamu tidak niat membunuh tapi bisa saja kamu akan dijebloskan ke dalam sel penjara.
  • Jangan bertindak seperti kriminal karena bisa saja kamu akan digerebek orang atau mengalami hal-hal buruk yang tidak diinginkan.
  • Tetap jaga adab dan sopan santun, jangan sampai membuat malu orang lain dan membuat mereka risih dalam takaran yang sangat tidak wajar.
Intinya sih kamu harus hati-hati kalau ingin membuat video prank dan social experiment. Jangan sampai kamu melakukan aksi bodoh yang malah akan merugikan dirimu sendiri.

5. Video Gaming


Menjamurnya Youtuber gaming tentu dikarenakan tingginya peminat di niche ini. Asal judul dan gambar thumbnailnya bagus, jumlah video game bisa membludak dengan mudahnya.

Apalagi kalau videonya diunggah oleh Gamer Professional yang skillnya mumpuni, tentu jadi lebih banyak yang lihat. Entah itu tutorial main game, mencoba item/arena baru atau menyelesaikan semua level, saya rasa laris-laris saja.

Contoh channel gaming yang sukses yaitu MiawAug, DylanPross, PewDiePie, Ericko Lim dan JessNoLimit.

6. Video Olahraga atau Sport


Banyak orang yang tidak sempat nonton siaran langsung olahraga di TV membuat jenis video ini begitu diminati. Di kawasan Eropa dan Amerika, jenis video ini bahkan sangat digemari. Tak sedikit pula Youtuber yang membuat video bertopik olahraga.

Selain video siaran langsung di TV, banyak juga yang memberikan tips melakukan olahraga yang baik dan benar.

Contoh channel olahraga yang populer yaitu Nine2Fit, HadiGenetics, Deddy Corbuzier, FIFATV, ProffesorLife, Epic Volleyball.

7. Video Berita


Video berita juga cukup diminati karena terkadang ada info-info yang belum bisa disaksikan di TV. Umumnya, konten videonya yang terbaru entah itu politik, kriminal, bencana alam dan lain sebagainya.

Contoh channel berita yaitu Liputan6, Indosiar, Netmediatama dan official channel stasiun TV lainnya.

8. Video Tutorial (How To..)


Salah satu jenis video yang banyak menghasilkan uang di Youtube selanjutnya ditempati oleh video tutorial. Mengapa bisa begitu diminati?

Mungkin mereka memilih belajar secara langsung dengan melihatnya di video ketimbang belajar melalui website yang biasanya hanya berbentuk tulisan. Dengan tutorial berbentuk video, tentu akan lebih mudah dipraktikkan. Selain itu, video jenis ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin menyelesaikan permasalahannya.

Ada banyak jenis video tutorial yang bisa kita temui, entah itu tutorial desain (photoshop, coreldraw, ilustrator), editing video (premiere pro, after effect), belajar gitar (kunci, chord), tutorial membuat blog (menulis, SEO, wordpress), tutorial hijab (pashmina, syar’i, segiempat) dan masih banyak yang lainnya.

Contoh channel yang membahas video tutorial yaitu Tara Arts Movie, TheRussianGenius, UstadzKris.

9. Video Fakta Unik, Aneh dan Menarik!


Video ini juga mendapat banyak perhatian dari banyak penonton, banyak sekali yang tertarik untuk melihat jenis video ini. Banyak hal yang unik dan aneh yang terjadi dibelahan dunia, tidak sedikit pula yang merekamnya secara langsung dan mengupload videonya ke youtube.

Jenis video yang menghadirkan sesuatu yang aneh, unik dan hal-hal mistis tentu sangat diminati penonton Youtube. Kita tahu, banyak peristiwa aneh di dunia ini yang mungkin kita belum mengetahuinya.

Untuk itu, informasi semacam inilah yang sering dicari banyak orang. Namun sayangnya, banyak channel di kategori ini yang melakukan re-uploader sehingga bisa jadi menyalahi copyright seseorang.

Jenis video unik ini bermacam-macam, misalnya saja 7 air terjun tertinggi di dunia, 10 jalan terekstrim paling mencekam di dunia dan 10 situs teraneh yang memiliki banyak peminat.

Contoh channel yang dengan jenis video ini antara lain yaitu Calon Sarjana, The Shiny Peanuts, YTCrash, JalanTikus.

10. Video Parody


Bisa dikatakan, video parodi merupakan tindakan dimana seseorang menirukan suatu hal, seperti scene film, anime, drama, tingkah laku politisi, cover musik dan yang lainnya dengan dikemas secara menarik atau menghibur orang lain.

Video parody ini memang sangat variatif, kita bisa menjumpai video-video ini dengan sangat mudah di Yotube. Misalnya trailer Avengers Infinity War diparodikan oleh Edho Zell atau trailer film Dilan 1990 yang diparodikan oleh Kery Astina sungguh videonya sangat menghibur.

Tips :
  • Kalau kamu ingin membuat video parodi, sebaiknya cari sesuatu yang lagi viral dan trending karena akan menghasilkan jumlah penayangan yang begitu fantastis. Asal videomu punya sisi komedi yang ‘fresh’ dan tidak terlalu ‘norak’, maka penonton akan sangat suka dengan video yang kamu upload.
Contoh channel : Kery Astina, Edho Zell.

11. Video Vine


Vine merupakan salah satu aplikasi layanan berbagi video berdurasi pendek. Sejak kemunculannya di tahun 2012 dan diakuisisi oleh Twitter, video vine sangat digemari anak muda. Biasanya, video vine berdurasi kurang dari 10 detik dimana pembuat video bisa mengekspresikan dirinya untuk membuat karya yang lucu, heboh dan sangat menarik untuk ditonton.

Kepopuleran video vine ini dulu jadi trending berkat content creator yang kreatif seperti Kevin Anggara dan Indovidgram. Sayangnya, kepupuleran video vine ini sudah tidak terlalu trending seperti tahun 2012 – 2015 yang lalu.

12. Video Teen Life atau Daily Vlog


Teen Life lebih sering dikaitkan dengan kehidupan anak remaja. Bisa mengisahkan kisah di sekolah, hal-hal lucu saat remaja, aktivitas harian dan lain sebagainya.

Berhubungan dengan teen life, ada juga jenis video yang mirip-mirip yaitu daily vlog. Buat yang belum tahu, daily vlog ini biasanya menceritakan tentang aktivitas sehari-hari creator. Benar-benar sangat bebas.

Contoh channel yang membahas teen life atau daily vlog yaitu Agung Hapsah, Laurentius Rando, Atta Halilintar, Saih Halilintar, Ria Ricis dan Bayu Skak Daily Life.

13. Video Review


Kalau kita ingin membeli sesuatu, biasanya kita ingin testimoni atau review dari orang lain terlebih dahulu. Untuk membantu orang-orang mendapatkan informasi, para creator juga bisa membuat video review apa saja sesuai bidang yang diminati.

Biasanya, jenis video review membahas dengan lebih lengkap sampai jeroan-jeroannya mulai dari kualitas, fitur, kegunaan dan harganya worth-it atau tidak.

Review juga bisa bermacam-macam produk entah itu kosmetik, skincare, gadget, otomotif, mainan anak, kamera dan lain sebagainya.

Contoh channel review yaitu IwanBanaran.com, TechRadar, DroidLime, Pemmz Channel.

14. Video Rekomendasi


Sebagai contoh, Anda dapat merekomendasikan penonton untuk menonton film horror yang paling populer, game yang asik dimainkan, anime dengan cerita yang menarik, merekomendasikan laptop/PC dan hal hal semacam itu.

Singkatnya, video rekomendasi mengupas hal-hal yang sekiranya layak untuk dicoba/ditonton. Kalau ini masuk homepage atau rending Youtube, maka peluang viralnya semakin besar. Ada banyak sekali video semacam ini di Youtube dan rata-rata memiliki jumlah penayangan yang sangat banyak.

Kamu bisa menentukan topik yang ingin di bahas, misalnya seperti ini:
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Terbaik 2018
  • 7 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Bali
  • Daftar Smartphone Terbaik 2018, Harga Murah Mulai 1 Jutaan!
  • Jajaran Laptop Spek Gahar Buat Para Gamers
Sudah ada gambaran ya? Intinya sih memberikan beberapa rekomendasi supaya menggiring penonton secara tidak langsung untuk melakukan sesuatu. Pembahasannya bisa mulai dari kelebihan dan kekurangan, alasan kenapa direkomendasikan dan perbandingan dengan yang lain.

Contoh channel yang menyuguhkan konten video rekomendasi yaitu 7menit.

15. Video Eksperiment


Video eksperiment biasanya membutuhkan sedikit ilmu sains supaya bisa menjajal eksperiment yang anti-mainstream dan menghibur penonton. Selain memiliki banyak penonton, channel semacam ini juga memberikan wawasan kepada penonton secara cuma-cuma.

Kendala pembuatannya mungkin pada ilmu dan pengetahuan untuk melakukan sesuatu supaya penonton terpukau dan terkejut terhadap apa yang akan terjadi. Sebaliknya, kalau eksperimen-nya tidak heboh dan biasa-biasa saja, maka akan sangat susah untuk mendapat penayangan yang banyak.

16. Video Spiritual


Siapa sangak, video spritiual yang membahas keagamaan juga cukup banyak peminatnya. Terbukti, banyak channel keagamaan yang memiliki jumlah subscriber dan penayangan yang banyak.

Contoh channel keagamaan yaitu Yufid TV.

17. Video Memasak dan Hunting Food


Memasak merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi kaum hawa. Masakan yang dibuat sendiri tentu terasa lebih nikmat dan ada kepuasan tersendiri.

Channel semacam ini punya peminat yang banyak, apalagi yang berisi resep dan step-by-step memasaknya.

Selain merekam kegiatan memasak, ada juga yang lebih suka mencari makanan enak di luar kota lalu mengulasnya secara mendalam.

18. Video Motovlog dan Otomotif


Video seputar otomotif ini bisa berupa review, vlog, perbandingan dan rekomendasi terbaik. Kalau kamu suka otomotif, maka tidak ada salahnya jika membuat channel otomotif seperti ini.

19. Video Edukasi


Video edukasi biasanya memiliki audience yang besar mulai dari anak-anak atau pelajar. Penonton bisa mendapat informasi menarik yang mungkin belum diketahui.

Contoh channel edukasi yaitu Kok Bisa.

20. Video Wisata dan Traveling


Selain bisa untuk menghasilkan uang, video wisata juga secara tidak langsung mengekspos keindahan tempat wisata tertentu. Misalnya ada seorang Youtuber mengunggah aktivitasnya di Bali sambil menikmati tempat wisata di sana. Tentu, orang yang kepo dan penasaran mengenai tempat wisata tersebut bisa dengan mudah melihat gambaran umumnya.

Sebelum merencanakan liburan baik itu ke luar negeri maupun ke luar kota, banyak orang yang melihat referensi wisata melalui di Youtube. Dengan mengetikkan kata kunci “Tempat Wisata di....”, kita bisa dengan mudah menemukan video yang relevan.

Kalau pintar mengekspresikan diri, maka channelnya bisa sangat digandrungi layaknya siaran TV “My Trip My Adventure”.

Itulah beberapa jenis video yang paling sering dilihat orang dan banyak menghasilkan uang di Youtube. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan insight sebelum kamu membuat channel dan konten yang berkualitas.

0 Response to "20 Jenis Video yang Banyak Menghasilkan Uang di Youtube dan Paling Sering dicari"

Posting Komentar

Yakin gak mau komen?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel