15 Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng yang Indah dan Menakjubkan

Tempat Wisata di Wonosobo - Bagi yang belum tahu, Kabupaten Wonosobo itu sebenarnya masih masuk dalam wilayah propinsi Jawa Tengah dimana letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Magelang.

Kalau ditelaah lebih dalam, tempat wisata di Wonosobo itu cukup banyak. Berbagai objek wisata membuat banyak wisatawan kangen dan terpukau pada kabupaten ini.

Dari sekian banyak tempat wisata di Wonosobo, yang sering menjadi incaran wisatawan tentu Wisata Dieng-nya. Sekali mendengar “Dieng”, maka banyak orang yang langsung teringat dengan “Wonosobo”.

15 Tempat Wisata di Wonosobo yang Menarik, Unik dan Terkenal


Selain Dieng, sebenarnya ada tempat wisata lain yang bisa kamu singgahi. Silahkan simak beberapa destinasi wisata Wonosobo berikut ini:

1. Wisata Wonosobo Telaga Menjer


Tempat Wisata Wonosobo - Telaga Menjer
Telaga Menjer - Foto via Panduanwisatadieng.com / @agungwahyud1
Kalau kamu ingin berkunjung ke Wonosobo, maka jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini. Telaga Menjer menyuguhkan sensasi yang cukup menakjubkan.

Sebenarnya, telaga ini terbentuk dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Dulu, air telaga ini hanya berasal dari sebagian mata air kecil di sekitaran telaga dan curah hujan di daerah ini.

Di sana, kamu bisa berkeliling waduk dengan menyewa perahu sebesar 15.000 rupiah dan bisa berkeliling danau sambil menikmati pesona alam disekitarnya. Ada juga spot memancing untuk wisatawan yang hobi memancing, sehingga di sini kamu akan benar-benar dimanjakan.

Lokasi Telaga Menjer terletak di Desa maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Wisata Wonosobo Kebun Teh Tambi


Tempat Wisata di Wonosobo - Teh Tambi
Agrowisata Teh Tambi - Foto via Bon Voyage Jogja
Yang namanya kebun teh tentu memiliki hawa yang sejuk dan bersih. Sangat asri, bebas dari bisingnya kendaraan bermotor. Sejauh mata memandang, kamu hanya akan menyaksikan hamparan kebun teh hijau yang bikin hati adem dan tenang.

Sama seperti kebun teh di Bogor, kebun teh di Wonosobo juga memiliki karakteristik tersendiri. Tempat Agrowisata Tambi ini menawarkan sensasi yang benar-benar menenangkan hati dan pikiran. Di sana, kamu juga bisa menelusuri Pabrik Teh Tambi dan bisa melihat proses pembuatan teh tambi secara langsung.

Sekadar informasi, Agro Wisata Tambi ini terhampar luas di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.200 – 2.000 MDPL. Biasanya, suhu rata-rata minimum sekitar 15 derajat celcius dan suhu optimal 24 derajat celcius.

Ada juga arena untuk berlibur seperti sarana pondok wisata, lapangan tenis, kolam pemancingan, taman bermain dan kebun teh. Agrowisata Tambi nampaknya bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburanmu.

Bagi wisatawan yang hendak mendaki ke Gunung Dieng, menginapnya ya di Agrowisata Tambi ini. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, jadi sangat memudahkan wisatawan yang ingin ke Dieng. Kalau kamu ingin ke sini, silahkan datang saja ke Kecamatan Garung, lebih tepatnya di jalan arah menuju Dieng.

3. Candi Dieng


Tempat Wisata Wonosobo - Candi Dieng
Candi Dieng yang Sangat Historis - Foto via Dieng.me
Yaps, tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Candi Dieng ke dalam daftar jajahanmu ke Wonosobo. Selain punya wisata alam yang begitu indah, Dieng juga memuliki wisata budaya berupa candi.

Karena keberadaannya di daerah Dieng, maka candi ini dinamai “Candi Dieng”. Bangunan candi ini berada di ketinggian 2000 MDPL, membentang dari utara dan selatan sepanjang 1900 meter dan lebar 800 meter. Kamu bisa berwisata sembari belajar sejarah, mengenang sisa-sisa kerajaan di zaman dahulu kala.

Candi-candi di sana umumnya beraliran Syiwa dan diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9. Dengan demikian, candi ini menjadi salah satu candi tertua yang ada di Pulau Jawa, meskipun belum ada penemuan tertulis mengenai kapan pembangunan candi ini. Para ahli hanya bisa memerkirakan Candi Dieng ini dibangun pada masa kerajaan Wangsa Sanjaya.

Model dan arsitektur bangunannya juga mengikuti gaya candi di India dengan karakteristik arca dan relief sebagai hiasannya. Hal ini juga yang membuat candi yang ada di sana dinamai tokoh-tokoh Mahabarata seperti Candi Bima, Candi Gatot Kaca, Candi Semar, Candi Srikandi, dan lain sebagainya.

4. Tempat Wisata di Wonosobo : Pemandian Air Panas Kalianget


Tempat Wisata Wonosobo - Pemandian Kalianget
Pemandian Kalianget - Foto via Teluklove.com
Pemandian air panas Kalianget berada di Jalan Dieng Km 3, Kalianget, Kab. Wonosobo. Taman rekreasi dan olahraga berada dalam satu kompleks. Kamu akan merasakan sensasi hangat, panas bercampur hawa dingin yang berada di daerah sana.

Selain itu, ada juga lapangan tenis, kolam renang, taman bermain, lapangan bola, pemandian ari panas dan rimba kota untuk para wisatawan.

5. Wisata Wonosobo Telaga Warna


Telaga Warna Dieng
Telaga Warna Dieng - Foto via Rekomendasi.org

Siapa sih yang tidak tahu telaga warna? Tempat wisata di Wonosobo ini merupakan salah satu yang sangat diminati wisatawan, bahkan pesonanya sudah populer hingga ke mancanegara. Mantaps!

Telaga warna memang sudah lekat dengan Kabupaten Wonosobo, khususnya daerah Dieng. Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga ini dikarenakan pembiasan sinar pada endapan belerang di dasar telaga.

Warnanya ada hijau, putih kekuningan dan biru laut. Benar-benar elok dan menawan.

Kalau kamu masih belum puas, cobalah naik ke puncak bukit yang melingkari telaga itu. Kamu bisa mendapati VIEW yang jauh lebih jelas dan menakjubkan. Di tepian telaga, ada balkon untuk duduk santai sembari memandangi pesona telaga yang berwarna-warni.

6. Wisata Wonosobo Bukit Sikunir


Tempat Wisata Wonosobo - Bukit Sikunir
Pemandangan Bukit Sikunir - Foto via Halodieng.com
Mungkin setiap pendaki gunung dari Jawa Tengah sudah tidak asing lagi dengan Bukit Sikunir. Spot yang ditawarkan Sikunir cukup bagus, apalagi ketika matahari terbit dari ufuk timur.

Kabarnya, nama Sikunir diberikan karena bukit ini mampu membuat wisatawan kangen untuk berburu sunrise. Warna cahaya kekuningan layaknya ‘kunir’ inilah yang membuat masyarakat setempat menamainya dengan “Sikunir”. Dalam bahasa Jawa, kunir itu sama saja dengan tanaman kunyit.

Kalau kamu tertarik mencoba melihat sunrise di Sikunir, silahkan mampir saja ke Desa Sembungan, Wonosobo.

Bukit ini berada di ketinggian 2.200 MDPL sehingga hawanya cukup dingin. Sebelum datang ke sini, kamu tentu harus membawa perlengkapan yang memadai.

7. Pendakian Gunung Prau Wonosobo


Tempat Wisata Wonosobo - Gunung Prau
Pendakian Gunung Prau - Foto Via Nobaggagechallange.com
Selain Sikunir, ada lagi spot pendakian yang jauh lebih menantang yaitu Gunung Prau. Kalau kamu suka mendaki, jangan lewatkan moment mendaki di Gunung Prau. Adrenalinmu mungkin akan semakin tertantang ketika ingin menaklukkan gunung ini.

Pendakian Gunung Prau juga cukup diminati wisatawan, khususnya bagi anak muda yang ingin bereksplorasi dan menjajal sensasi pendakian di Wonosobo.

Puncak Gunung Prau sebenarnya lumayan pendek jika dibandingkan dengan gunung yang lain yaitu sekitar 2.565 MDPL saja. Namun jangan salah, di sini para pendaki akan disuguhkan pesona yang cukup bagus, jadi tidak mengecewakan.

Salah satu spot terbaik di jalur pendakian ada yang diberi nama bukit Teletubbies. Bukit ini memiliki hamparan padang rumput yang hijau dan luas, mirip seperti serial anak Teletubbies di televisi dulu.

Jalur pendakian dapat ditempuh dari arah Kendal maupun dari Lokasi Dieng. Jadi, cukup mudah untuk ditemukan.

8. Wisata Wonosobo Sumur Jalatunda


Tempat Wisata Wonosobo - Sumur Jatulanda
Sumur Jatulanda - Foto via Diengmurah.com
Saat kamu berkunjung ke Wisata Dieng, jangan lupakan sumur Jalatunda. Sumur ini berada di Desa Pekasiran, Wonosobo. Lokasinya hanya berjarak sekitaran 12 Km di samping barat tempat paling utama di Wisata Dieng. Sumur Jalatunda dulunya yaitu satu ceruk rekahan kawah. Kemudian seiring berjalannya waktu tergenangi oleh air dengan diameter sekitar 90 meter dengan kedalaman kurang lebih 200 meteran.

9. Wisata Wonosobo Kawah di Dieng


Tempat Wisata Wonosobo - Kawah Dieng
Kawah Dieng via Halodieng.com
Wisata Dieng memang terkenal karena kawahnya yang amat indah.

Di sana kamu bisa melihat berbagai kawah seperti Kawah Candradimuka, Kawah Sikidang dan Kawah Sileri yang masih aktif.

Berada di lokasi Dieng timur, Kawah Sikidang menjadi salah satu wisata andalan di Dieng. Pesona di sekeliling kawah juga sangat indah disertai hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang ada di tanah kawah.

Nama Sikidang ini mungkin diambil dari kolam magma di kawah yang seringkali berpindah-pindah layaknya Kidang (dalam Bahasa Indonesia yaitu Kijang). Magma yang bergejolak juga cukup tinggi sekitar ½ sampai 1 meter.

Selanjutnya ada Kawah Sileri yang menjadi kawah terbesar di dataran tinggi Dieng dengan luas sekitar 4 hektar. Kamu dapat menikmati pesona kawah ini dengan menempuh perjalanan sejauh 7 Km dari lokasi wisata paling utama di Dieng. Kawah Sileri ini masih aktif dan mengeluarkan asap putih.

Nama Sileri diambil karena warna kawah ini putih dan baunya mirip air sisa membersihkan beras yang dalam bahasa Jawa dinamakan ‘Leri’.

Sedangkan Kawah Candradimuka yaitu kawah yang cukup populer dalam narasi legenda pewayangan. Dalam legenda tersebut dikisahkan bahwa kawah Candradimuka merupakan lokasi dimana Gatotkaca dimandikan hingga dirinya memiliki kesaktian yang ajimumpung. Untuk sampai ke kawah ini, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 6 Km dari pusat wisata Dieng.

10. Wisata Wonosobo Curug Winong


Tempat Wisata Wonosobo - Curug Winong
Curug Winong via Lintaswonosobo.blogspot.com

Curug atau air terjun di Wonosobo juga tidak kalah dengan curug di daerah lainnya. Salah satu curug yang menarik yaitu Curug Winong. Lokasinya berada di Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, kurang lebih 50 menit perjalanan dari pusat Kota Wonosobo menuju ke Selatan (melalui jalur Wonosobo > Selomerto > Balaikambang > Winongsari dan Curug Winong).

Namanya saja curug tentu saja hawanya cukup dingin, jadi kamu harus mempersiapkannya perlengkapan seperti jaket. Kalau kamu ingin merasakan cipratan langsung curug ini, kamu harus berjalan kaki beberapa ratus meter melewati jalan setapak. Lelahnya dirimu akan terbayarkan ketika sudah sampai di sana, hawanya sangat sejuk!

11. Wisata Wonosobo Telaga Cebong Dieng


Tempat Wisata Wonosobo - Telaga Cebong
Telaga Cebong Wonosobo - Foto via Kompaswisata.com
Setelah menikmati keindahan Sikunir, ada baiknya jika kamu mampir ke Telaga Cebong terlebih dahulu.

Telaga Cebong berada di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah. Banyak yang terpesona dengan telaga ini karena keindahannya. Di sekililingnya, ada tempat pertanian milik masyarakat sehingga menambah asri telaga ini.

Telaga ini berada di atas 2300 MDPL sehingga banyak yang menyebut telaga ini sebagai telaga di atas awan. Lha wong tinggi banget!

12. Wisata Wonosobo Curug Sirawe


Tempat Wisata Wonosobo - Curug Sirawe
Curug Sirawe - Foto via Travel.tempo.co
Selain curug yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ada juga Curug Sirawe yang memiliki keindahan tersendiri. Curug yang berada di Dukuh Bitingan, Desa Kepakisan ini mempunyai ketinggian air 70 mm di aliran Sungai Rawe. Kamu bisa menikmati curug ini setelah menyusuri rimba dan melewati jalan setapak.

Memang cukup melelahkan, namun rasa lelah itu akan terbayarkan setelah kamu sampai ke sana. Urat lelahmu seakan terobati berkat kesejukan yang ditawarkan Curug Sirawe. Apalagi di sini kamu bebas mandi sepuasnya, basah-basahan pun tidak bakal dimarahi siapa-siapa.

Yang penting, jangan sampai mengotori wisata alam ini. Selalu utamakan adab dan tidak membuang sampah sembarangan ya guys...

13. Gardu Pandang Dieng Wonosobo


Tempat Wisata Wonosobo - Gardu Pandang Dieng
Gardu Pandang Dieng - Foto via Penginapandieng.net

Menikmati Sunrise di pagi hari bukan hanya dari Sikunir saja, kamu juga bisa menikmatinya di Gardu Pandang Dieng.

Tempat wisata di Wonosobo ini menawarkan panorama yang indah. Kamu akan merasakan sensasi yang benar-benar unik seakan-akan berada sejajar dengan matahari. Pasalnya, kamu seperti sudah berada di atas awan. Wah, sangat menyenangkan pastinya jika kamu bisa menikmati moment seperti ini.

Kalau kamu ingin singgah ke sini, silahkan berjalan sekitar 17 km dari Wonosobo. Selain menyaksikan Golden Sunrise, kamu juga bisa melihat pedesaan, Sungai Serayu serta perbukitan dari atas Gardu Pandang.

14. Wisata Wonosobo Goa Jaran


Tempat Wisata Wonosobo - Goa Jaran
Goa Jaran Wonosobo - via Zassionline.net
Goa Jaran atau dalam Bahasa Indonesianya Goa Kuda merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo yang perlu kamu datangi. Nama jaran ini mungkin karena bentuk mulut goa ini yang mirip dengan kuda sehingga masyarakat setempat menyebutnya dengan Goa Jaran.

Kalau kamu suka selfie, tempat ini mungkin akan cocok untuk menambah kesan alam yang natural.

15. Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang


Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang
Wisata Wonosobo Waduk Wadaslintang via Miftakhularifin.blogspot.com
Wisata Wonosobo selanjutnya ada Waduk Wadaslintang yang menjadi salah satu waduk terbesar di Asia Tenggara. Gokil kan? Ada di Wonosobo loh!

Waduk besar ini memiliki luas sekitar 3.000 hektar sehingga selain untuk keperluan umat, waduk ini bisa dijadikan tempat wisata. Waduk ini memiliki banyak manfaat seperti untuk pembangkit listrik, transportasi air, budidaya ikan nila, irigasi dan tentu saja untuk tempat wisata.

Selain menikmatinya dari tepi, kita juga bisa menikmati indahnya waduk ini dari atas perahu. Jika kamu penasaran dengan tempat wisata ini, silahkan datang saja ke perbatasan yaitu Kabupaten Kebumen dan Wonosobo.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo yang bisa kamu kunjungi ketika liburan. Dengan ciri khas dataran tinggi yang dingin, Wonosobo menawarkan pesona wisata yang cukup menakjubkan.

Apalagi wisata alamnya seperti Kawah Dieng dan Telaga Warna yang pesonanya sudah tercium hingga ke luar negeri.

Sangat disayangkan sekali kalau kita belum pernah ke Wonosobo untuk bersantai sejenak menikmati keindahan alam. Merefresh otak dan membangun MOOD kembali setelah bekerja hari demi hari.

Lantas, kapan kamu mau liburan ke Wonosobo?

0 Response to "15 Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng yang Indah dan Menakjubkan"

Posting Komentar

Yakin gak mau komen?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel