15 Kedai Kuliner Kambing di Solo yang Enak dan Recomended Banget

Suka makan daging kambing? Tak lengkap rasanya kalau kamu belum pernah berkunjung ke Solo. Di sana, ada banyak sekali jajanan kuliner kambing yang bisa kamu santap.

Sungguh, kamu nggak bakal nyesel kalau datang ke Solo untuk hunting kuliner kambing, seperti sate buntel, sate krengseng, tengkleng, gule, tongseng dan nasi goreng kambing.

Di Solo ini, kamu bisa menemukan kedai kuliner kambing dengan sangat mudah.


Kedai Kuliner Kambing di Solo
source : wisataindonesia.xyz

Selain karena rasanya yang enak, beberapa warung kuliner yang ada di Solo juga sudah sangat terkenal, bahkan menjadi favorit Presiden, pejabat dan artis.

Jadi makin penasaran kan? Yuk, intip beberapa warung sate di Solo yang sangat recomended berikut ini!

1. Kedai Sate Kambing Tambak Segaran


Lokasi kedai Sate Kambing Tambak Segaran berada di Lokasi Timur Pasar Legi, Jalan Tambaksegaran 39 Sutan Syahrir 149.

Berkat cita rasa tinggi yang ditawarkan, hampir setiap hari warung sate ini kebanjiran pelanggan. Untuk memenuhi demand yang tinggi, mereka bahkan sudah membuka dua cabang baru yang lokasinya berada Jl. Kaliurang Km 9 dan di Jl. Brigjen Katamso 192.

Kedai sate ini biasanya buka mulai dari jam 6 pagi hingga jam 4 sore. Menu andalan mereka biasanya olahan sate buntel, namun ada juga menu olahan kambing lain yang amat menggoda lidah.

Kamu juga bisa menikmati olahan gulai yang terdiri dari 2 varian, yakni gulai daging biasa dan gulai sumsum. Untuk gulai daging biasa rasanya juga tak kalah gurih dengan varian lainnya sedangkan gulai sumsum rasanya tentu jauh lebih nendang lagi.

Saat dimakan, sumsur cair bisa langsung menyemprot lidah dan membuat diri sendiri tidak tahan akan kenikmatannya. Eh, kok jadi lebay gitu ya...

2. Tengkleng Bu Edi


Tengkleng Bu Edi merupakan salah satu warung tengkleng di Solo yang berada di bawah Gapura Pasar Klewer pada sisi utara.

Kedai yang buka mulai 13.00 – 15.00 WIB ini selalu ramai dipadati pelanggan. Hampir setiap hari, bangkunya selalu penuh. Bahkan banyak pelanggan yang rela jongkok, berdiri atau duduk di pinggir jalan. Sungguh, gokil banget!

Kelezatan makanannya pasti tidak perlu diragukan lagi. Sepertinya, kamu memang harus datang ke sini kalau sedang berada di Solo.

Karakteristik utama dari tengkleng ini yaitu menu-menu yang disajikan hadir dengan pincuk atau daun pisang.

Oh iya, buat yang belum tahu, tengkleng itu tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel ditambah kuah yang rasanya agak pedas-manis.

Untuk menyantap tengkleng, kita bisa menyedot/menyeruput kuahnya sambil duduk. Soal bumbu, sepertinya tidak ada bumbu rahasia di Tengkleng Bu Edi. Sama seperti bumbu yang digunakan penjual lainnya, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, lengkuas, merica, dan jahe.

Kendati demikian, tengkleng ini memang punya cita rasa yang bikin kangen pelanggannya.

3. Tengkleng Bu Pon


Selain Tengkleng Bu Edi, kedai kuliner kambing di Solo yang tidak kalah favorit yaitu Tengkleng Bu Pon.

Di sini, kamu bisa mencicipi olahan tengkleng dengan kuah yang segar, encer, gurih bersama cabai rawit utuh.

Kamu bisa menyantap seporsi tengkleng dengan isian yang cukup variatif, mulai dari sumsum, iga, kaki bahkan bagian kepala kambing juga ada.

Kalau kamu penasaran sama tengkleng kambing yang satu ini, silahkan merapat ke Jl. Kapten Mulyadi, Selter Beteng Ketandan (tidak jauh dari pusat grosir Solo).

Warung Tengkleng Bu Pon ini buka dari pukul 08.00 – 14.00 WIB, jadi jangan sampai kelewatan kalau mau datang ke sini.

Sebagai salah satu kedai kuliner kambing yang favorit di Solo, mereka masih mengusung konsep yang sederhana. Ukuran warungnya pun kecil dan saling himpit dengan warung makanan lainnya.

Namun jangan khawatir, kamu masih bisa menemukan warung tengkleng ini dengan mudah karena ada spanduk besar yang menjadi ciri khas Tengkleng Bu Pon.

4. Sate Kambing Mbok Galak


Warung sate kambing Mbok Galak sepertinya benar-benar idaman banget. Banyak pelanggan yang mungkin datang jauh-jauh dari luar kota untuk datang ke sini.

Di warung sate kambing ini, kamu bisa menyantap berbagai olahan kambing seperti sate, gulai dan tengkleng kambing.

Semua olahannya enak-enak banget, namun yang paling nancep dan jadi favorit adalah sate buntelnya. Buat yang belum tahu, sate buntel sebenarnya daging kambing cincang yang dibuntel/dibungkus dengan lemak kambing, lalu dibakar hingga matang. Aroma menggoda pada sate buntel biasanya disebabkan oleh lemak pembungkus yang terbakar, jadi lebih menggairahkan untuk disantap.

Tak sampai di situ saja, sate buntel ini nantinya akan disajikan bersama bumbu kecap kental + irisan bawang merah di dalamnya. Buat yang suka makan lalap, ada juga irisan daun kol dan cabai rawit utuh (beda piring).

Menurut informasi yang beredar, sate buntel di warung Sate Kambing Mbok Galak ini merupakan menu favorit Presiden Jokowi. Kalau kamu ingin icip-icip makanan seorang presiden di tanah Solo, silahkan mampir saja ke Sate Kambing Mbok Galak di Jl. Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar, Solo. Untuk jam bukanya sendiri dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore.

Biar tambah kesengsem lagi, warung sate kambing ini juga bukan hanya di sukai oleh Pak Jokowi saja, para pejabat dan artis juga sering mampir ke sini. Mantap...

5. Tengkleng Mbak Diah


Seperti kedai kuliner yang lain, Tengkleng Mbah Diah juga menawarkan berbagai olahan kambing seperti gulai, tongseng, sate kambing dan tengkleng kepala kambing.

Nah si tengkleng kepala kambing ini denger-denger yang jadi favorit di sini. Rasa kuahnya gurih, bagian kepala dan mata kambing juga terasa begitu ‘aduhai’ ketika disantap.

Kalau kamu suka mata kambing, tekstur matanya tentu beragam ya. Matanya ada yang lembut, kenyal, dan ada juga yang mirip seperti tulang muda.

Kedai kuliner kambing ini berada di Bunderan Tanjung Anom Grogol Sukoharjo, di Jl. Yos Sudarso Perbatasan Solo Sukoharjo. Letaknya yang strategis (20 meter dari bunderan) membuat kita tidak perlu repot mencari dengan susah payah.

Uniknya lagi, Tengkleng Mbak Diah ini sudha menjadi langganan keluarga Pak Soeharto, mantan Presiden ke-2 Indonesia. Wahhh...

6. Sate Kambing Haji Bejo


Warung Sate Kambing Haji Bejo berlokasi di Jl. Sebakung 10 Lojiwetan, persisnya di belakang Swalayan Luwes Sangkrah.

Satu hal yang paling nancep dari warung sate ini yaitu daging kambingnya yang super empuk. Mengapa? Karena daging yang digunakan berasal dari daging kambing yang masih muda (baru beberapa bulan) dan cukup gemuk.

Sate kambingnya sendiri tidak terlalu bau kambing, bahkan ada aroma khasnya. Rasanya juga gurih dan maknyus ketika dimakan.

Ada juga menu enak lainnya seperti sate buntel, jeroan, tulang kambing, nasi goreng kambing, tengkleng, gulai dan tongseng di Warung Sate Kambing Haji Bejo.

Kedai atau warung sate ini biasanya buka antara pukul 07.00 – 13.00 WIB. Kalau bisa nih, jangan datang saat jam makan siang ya. Soalnya rame banget, banyak yang antre.

Tapi kalau kamu pribadi yang sabar dan suka keramaian, maka datang saat jam makan siang tidak masalah.

7. Gule Goreng Pak Samin


Selain menyuguhkan olahan gulai goreng, kedai ini juga menyediakan sate buntel, sate kambing, gule kuah, nasi goreng kambing dan tongseng. Namun, yang jadi favorit tetap “Gule Goreng”.

Kedai Gule Goreng Pak Samin memang anti-mainstream, karena cukup jarang yang menyediakan olahan gule goreng ini.

Gule goreng sebenarnya diolah dari gule kuah biasa, namun ketika ada pesanan isi gulai kuah (jeroan kambing) akan diambil lalu ditiriskan. Selanjutnya, gule tersebut digoreng hingga tingkat kematangan tertentu.

Nah, jeroan kambing ini ketika digoreng harus dibolak-balik agar teksturnya lebih kering, renyah dan gurih.

Uniknya, gule goreng ini tidak ditambahi bumbu khusus, paling cuma garam saja. Sedangkan untuk penyajian, gule goreng ini dihadirkan dengan kuah gule.

Selagi menyantap gule goreng ini, kamu juga bisa memakannya dengan nasi atau dibuat gado saja untuk dijambal.

Bila kamu penasaran,  coba mampir saja ke Jl. Diponegoro, perempatan Pasar Pon/Ngarsopura, Solo.

Jam buka kedai ini biasanya dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang.

8. Sate Kambing Pak Mesran


Warung Sate Kambing Pak Mesran buka pada pagi dan malam hari. Untuk pagi biasanya dari pukul 08.00 – 15.00 WIB, sedangkan malam hari pukul 18.00 – 24.00 WIB.

Di pagi hari, kedai sate ini buka di ujung Jl. Juanda, tepatnya sebelah timur Taman Makam Pahlawan Jurug. Sementara di malam hari, kedai ini biasanya buka di Jl. Kapten Mulyadi tepatnya di samping Kantor BRI Ruko Beteng.

Berbagai olahan maknyuss bisa kita lahap di sini, mulai dari tongseng, krengseng pedas/asin maupun sate kambing.

Sajian yang paling favorit di Sate Kambing Pak Mesran tentu saja olahan sate kambingnya. Menu ini menggunakan daging muda sehingga teksturnya jauh lebih lembut, empuk dan tidak berbau.

Selain sate kambingnya, jangan lewatkan pula tongseng dan tengkleknya. Sama-sama SEDAPPP...!

9. Sate Kambing Bengawan Makamhaji


Warung Sate Kambing Bengawan Makamhaji merupakan salah satu yang layak kamu singgahi saat berada di Solo. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai menu yang bisa menggairahkan lidah.

Menu favorit di sini yaitu krengseng kambing. Apa sih krengseng kambing itu?

Buat yang belum tahu, krengseng adalah olahan tulang kambing (tulang muda, rusuk, kikil, mulut, ekor, kaki kambing, ekor, lidah dan telinga dengan rasa pedas manis).

Berbeda dengan tengkleng yang disajikan bersama kuah, krengseng kambing dimasak tanpa kuah dan menyerupai rica-rica.

Sajian krengseng kambing yang mereka sajikan dimasak dengan bumbu yang beraneka ragam, seperti cabai, kecap manis dan merica.

Selain rasa pedas dan manis, bau sedap dan rasa gurih dari perpaduan bumbu-bumbu, seperti bawang merah dan putih, lengkuas, serta daun salam selalu berhasil memancing selera makan pengunjung.

Sensasi pedas dan manis memang terasa, namun aroma gurih dari bumbu-bumbunya juga bisa memancing nafsu makanmu.

Ingin icip-icip di warung sate ini? Yuk, singgah dulu ke Jl. Joko Tingkir, Makamhaji (di depan Lapangan Bola). Untuk jam bukanya sendiri, warung ini biasanya sudah mulai buka dari pukul 18.00 – 24.00 WIB.

10. Tongseng Buntel Pak Min Sinthong


Menu andalan di kedai ini adalah sate kambing dan tongseng buntel. Ciri khasnya terletak pada kuah yang disajikan, meski sedikit namun amat kental.

Mereka sengaja memasak tongseng dengan durasi lama supaya kuahnya menyusut dan menjadi lebih kental. Daging kambing buntel dibakar terlebih dahulu, baru dimasak tongseng.

Kalau kamu suka makanan pedas, coba saja untuk memesan olahan tongseng dengan ekstrak cabai.

Berhubung tekstur daging kambing buntelnya empuk, kamu jadi tidak perlu khawatir kesusahan mengunyah.

Buat kamu yang mau mampir, datang saja ke Katangan, Pasar Kliwon, tepatnya seberang Masjid Riyadh. Sudah jaman dulu banget, lokasinya disitu-situ saja. Mereka buka kedai dengan mengusung nuansa warung kaki lima sederhana, tiga meja berukuran sedang dan beberapa kursi plastik untuk pelanggannya. Kedai ini biasanya buka pukul 10.00 – 17.00 WIB, tapi biasanya sudah tutup dari pukul 14.00 saking banyaknya pelanggan yang datang.

Berhubung sudah cukup panjang, ini beberapa kedai kuliner kambing di Solo yang lainnya.

11. Tongseng Man Gullit 


Lokasinya di Jalan Parang Gesit 44, Sondakan, tepatnya di sekitar pertigaan Jalan Dr Rajiman – Jalan Agus Salim. Kedai ini biasanya buka dari 07.00–14.00 WIB.

12. Pondok Sate Kambing Mas


Untuk mencicipi olahan mereka, kamu bisa datang langsung ke Jl. Gatot Subroto 167. Sekadar informasi, menu andalan disini yaitu tongseng torpedo, sate buntel dan garang masaknya.

13. Warung Sate Mas Mario


Warung sate ini juga tak kalah enaknya dengan yang lain. Berada di Jalan Kapten Mulyadi (depan RSUI Kustati), Warung Sate Mas Mario menyuguhkan berbagai olahan terbaik yang siap disantap.

14. Sate Kambing Pak Manto


Warung satu ini berada di Jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141. Kamu bisa menyantap berbagai olahan kambing di sini dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya warung sate ini buka mulai dari pukul 07.00 - 17.00 WIB.

15. Sate Kambing dan Sate Buntel Pak H. Kasdi 


Berlokasi di Jalan Mongonsidi, Solo, Indonesia, warung sate ini memiliki beberapa varian menu kambing, salah satu yang favorit yaitu sate buntelnya. Mengusung warung yang cukup kecil dan sederhana, nyatanya warung ini cukup laris diminati pelanggan.

Nah itulah beberapa rekomendasi kedai kuliner kambing yang bisa kamu jajal saat singgah di Solo.


Sudah ngiler? Hajar boss!

0 Response to "15 Kedai Kuliner Kambing di Solo yang Enak dan Recomended Banget"

Posting Komentar

Yakin gak mau komen?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel